Bercak di kulit akibat sinar matahari

 
Bercak di kulit akibat sinar matahari
Sinnonim
Efelid memiliki nama lain efelis, frekel, freckle, frakles.
Definisi
1.     Bercak perubahan warna akibat menumpuknya pigmen melanin, berukuran kecil ( 3-5 mm), berwarna coklat muda sampai coklat tua, dan sering terlihat pada daerah yang terkena sinar matahari, seperti muka, leher, lengan.
2.     Suatu kelainan kulit berupa bercak-bercak hitam atau coklat pada kulit yang terkena sinar matahari.
3.     Bintik-bintik hitam pada kulit yang berbeda dengan warna kulit asli.
4.     Bintik cokelat pada kulit, sering ditemukan pada orang dengan rambut berwarna terang.
5.     Bercak kecoklatan di kulit, seringkali menjadi lebih gelap, atau meningkat jumlahnya, terjadi karena paparan sinar matahari.
Jenis Kelamin dan Umur
Penyakit ini timbul pada umur antara 2-5 tahun, dan terus dapat terjadi pada masa dewasa hingga tua. Frekuensi pada lelaki pada perempuan sama. Dapat mengenai siapa saja, tidak peduli umur daan jenis kelamin.
Gejala Klinis
Timbul bercak-bercak hitam atau cokelat di daerah tubuh yang terkena sinar matahari langsung, terutama yang tidak terlindungi dengan anti ultraviolet. Bagian itu dapat terasa nyeri dan panas.
Kelainan Kulit
Kelainan penyakit ini dapat berupa perubahan warna kulit dengan batas-batas tidak jelas terutama pada daerah kulit yang sering terkena sinar matahari.
Lokasi
Penyakit ini sering menyerang bagian wajah, leher, bahu, lengan, dan punggung tangan, yang sering terkena sinar matahari secara langsung.

Pemeriksaan
1.     Dijumpai banyak pigmen malanin di lapisan dasar kulit yang terdalam tanpa peningkatan jumlah sel-sel di epidermis yang memproduksi melanin. Melanin adalah zat warna kulit.
2.     Ditemukan organel yang mengandung melanin panjang dan berbentuk bintang seperti yang didapatkan pada orang berkulit hitam.
3.     Pada efelid tidak dijumpai penamabahan jumlah melanosit, hanya pada daerah tersebut ada jenis melanosit tertentu yang setelah kena sinar matahari mampu membentuk melanin lebih cepat daripada kulit tanpa efelid.
Penanganan
1.     Yang terpenting adalah pencegahan, yaitu dengan menghindari terkena sinar matahari langsung dan tidak langsung, misalnya dengan memakai tabir surya.
2.     Pengelupasan dengan karbondioksida padat atau dengan larutan fenol (40%), kemudian dicuci dengan alkohol.
3.     Memakai hidrokortison 2-5% dalam selep atau krim.
4.     Asam triklorasetat 50% untuk mengobati daerah yang terkena sinar matahari.
Jangan mengambil resiko dengan mencari-cari sendiri pengobatan yang diperlukan. Temui dokter, periksakan diri secara tuntas, permasalahan ini berkaitan dengan dokter kulit dan sering digolongkan dalam masalah kecantikan, sehingga perempuan lebih sering mengatasi masalah ini dengan menemui ahli kecantikan.

    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelainan Pada Sistem Reproduksi Manusia

Cerpen Horor

LINGKUNGAN PANGKALAN BUN