LINGKUNGAN PANGKALAN BUN

LINGKUNGAN KOTA PANGKALAN BUN


Pangkalanan Bun adalah salah satu kota kecil yang ada di provinsi Kalimantan Tengah. Biarpun kota Pangkalan Bun adalah kota yang kecil. Kota Pangkalan Bun adalah bagian dari Kecamatan Arut Selatan. Menurut sejarah, Pangkalan Bun dulu adalah pelabuhan, yaitu yang diambil dari kata “pangkalan” yang artinya “pelabuhan” yang berada di tepi sungai “buun”
Pangkalan Bun memiliki tempat wisata yang biasa di kunjungi, makanan khas, baju adat.. Mari kita bahas satu persatu :
1.     TEMPAT WISATA
Tempat wisata yang biasa atau sering dikunjungi oleh turis lokal maupun turis asing adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang di dalamnya terdapat primata langka yang keberadaanya hampir punah. Ya, orang utan dan bekantan, sekarang keberadaan orang utan dan bekantan sekarang ini sangat langka. Sehingga pemerintah melindungi mereka dengan cara memasukannya ke dalam Taman Nasional untuk melindungi keberadaan orang utan dan bekantan ini. Turis yang datang ke TNTP biasanya untuk melakukan kegiatan observasi maupun hanya sekedar melihat-lihat saja. Selain Taman Nasional Tanjung Puting ada juga tempat yang bisa dikunjungi misalnya teluk bogam, tanjung keluang dan pantai umbang.

2.     MAKANAN KHAS
Makanan khas warga Pangkalan Bun adalah “coto manggala”. “coto” sendiri memiliki arti “soto” dan “manggala” memiliki arti “singkong” jadi “coto manggala” dapat diartikan “soto singkong” maksudnya adalah soto yang isi utamanya adalah singkong.

3.     BAJU ADAT
Baju adat Pangkalan Bun khususnya KOBAR adalah “baju belanga”. Baju belanga berwarna kuning. Bagi para PNS yang berada di KOBAR, baju belanga dipakai setiap tanggal 3 Oktober dan di beberapa sekolah juga yang menggunakan baju belanga misalnya SMPN 1 Arut Selatan dan beberapa sekolah lain yang ada di Kobar.

Pangkalan Bun juga pernah meraih beberapa piala Adipura karena kota Pangkalan Bun yang bersih. Untuk itu marilah kita selalu menjaga kebersihan kota Pangkalan Bun agar selalu bersih dan bisa meraih piala Adipura lagi. Dan semoga kedepannya Pangkalan Bun bisa menjadi kota contohan karena kebersihannya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelainan Pada Sistem Reproduksi Manusia

Cerpen Horor